PENERAPAN KONSELING PSIKOANALISIS DALAM MEMAHAMI POTENSI DIRI SISWA
Abstract
Artikel ini mengeksplorasi penerapan konseling psikoanalisis dalam memahami potensi diri siswa di lingkungan pendidikan. Potensi diri, digambarkan sebagai kemampuan dan kekuatan yang ada di dalam diri seorang individu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuktikan keefektifan konseling psikoanalisis dalam memahami potensi diri siswa. Metodologi yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis studi literatur menggunakan analisis terhadap literatur yang relevan sebagai sumber information utama. Temuan yang dibahas pada artikel ini adalah definisi konseling psikoanalisis, tujuan konseling psikoanalisis, teknik teknik konseling psikoanalisis, Tahap-tahap teknik konseling psikoanalisis, pengertian potensi diri, jenis-jenis potensi diri, dan penerapan konseling psikoanalisis dalam menangani potensi diri.
This article explores the application of psychoanalytic counseling in understanding students' self-potential in an educational environment. Personal potential is described as the abilities and strengths that exist within an individual. The aim of this research is to prove the effectiveness of psychoanalytic counseling in understanding students' self-potential. The methodology used is a qualitative research method with a type of literature study using analysis of relevant literature as the main source of information. The findings discussed in this article are the definition of psychoanalytic counseling, the objectives of psychoanalytic counseling, psychoanalytic counseling techniques, stages of psychoanalytic counseling techniques, understanding self-potential, types of self-potential, and the application of psychoanalytic counseling in dealing with self-potential.