EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEHNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 PAKONG PAMEKASAN

  • Anis Tri Yuliana
  • Jamilah Jamilah
  • Choli Astutik
  • Hani Fitriyah
Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving, Prestasi Belajar

Abstract

ABSTRAK

Hani Fitriani, (2020): Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah pertama di SMPN 1 Pakong. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimen dengan the one group pre-test post test design.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah SMPN 1 Pakong.Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Sekolah SMPN 1 Pakong pada tahun 2020. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa yaitu satu kelas eksperimen yang merupakan penelitian sampel dengan teknik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar siswa sebelum diberikan perlakuan dengan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving mengalami peningkatan dari kategori rendah dan setelah diberikan perlakuan dengan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan.

 Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pre-test dan post-test, artinya layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dilihat dari hasil analisis data bahwa Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.005 jika dibandingkan dengan signifikasi 5% maka 0.036< 0.05 sehingga hipotesis alternatif diterima, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

References

DAFTARA PUSTAKA
Arikunto , 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan Pratik. Rineka cipta, Jakarta, Jl. Matraman Raya No. 148
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, 2004. Psikologi belajar, Jakarta: Rineka cipta tersedia di https://books.google.co.id/books?id=BA-fDwAAQBAJ&pg=PA1608dq=abu+dan+widodo+supriyono+2004&hl=id&sa=X&ved=oahUKEwin85zoyarnAhXiwzgGHXOeBBMQuwUIKzAA#onepage&q=abu%20ahmadi%20dan%20widodo%20supriyono%2022004&f=false
Diana Dwi Nurhidayati. Peningkatan Pemahaman Manajemen Waktu Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving pada Siswa (Online). Tersedia di http: //journal.iad.ac.id/ index.php/psikopedagogia
Djannah Wardatul ”Dan” Edy. K . Drajat, 2012, Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya, Universitas Sebelas Maret , Tersedeia Jurnal (Http://Jurnal. Fkip. Uns. Ac.Id/Index,Php/Cons/Article/Download/727/04,Pdf
Hartinah Galuh. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Problem Solving (Online). Tersedia di http:// jurnal.umk.ac.id/index.php/gusijang
Hartinah, Siti. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung : PT Refika Aditam. 2009. Tersedia di
Irawan Edi. Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja, Jurnal Bimbingan dan Konseling Psikopedagogia, Vol.02 (ISSN). 2013.
Is .B, Tafsir .A, Tanjung .H, 2017, Pendidikan Kejujuran dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara, Vol. 3 No. 1, 1-17
Ketut Sukardi, Dewa. Pengatar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 2008 tersedia di https://books.google.co.id/books?id=41IbAAAACAAJ&qd=dewa+ketut+sukardi+2008+proses+pengantar+pelaksanaan+program+bimbingan+dan+konseling+&hl=id&sa=X&ved=oahUKEwjMpfHVp6vnAhUTeisKHQACroQ6AEIPDAD
Ketut Sukardi, Dewa, Proses Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008 tersedia di https://books.google.co.id/books?id=TuNiDwwAAQBAJ&pg=PA376&dq=dewa+ketut+sukardi+2008+proses+bimbingan+dan+konseling+di+sekolah&hlid&sa=X&ved=oahUKEwizOLKpKVNaHwIbcAHW5sBKMQ6AEILJAB#=onepage&q&f=false
Masya Hardiansyah dan Arifin Efendi. Implementasi Bimbingan Kelompok Dengan Tekhnik Diskusi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik (Online). Tersedia di https:// ejournal. Radenintan.ac.id/ index.php/konseli
Prayitno, 2018. Concept and application group guidance and group counseling base on Prayitno’s paradigms. Volume 7 Number 2. 1- 6 tersedia di https://doi.org/10.24036/02018728754-0-00 diakses pada tanggal 18 januari 2020 pukul 18:39
Prayitno, et. al. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok, 7(2), 49–54. Tersedian di https://doi.org/10.24036/02018728754-0-00 di akses pada tanggal 30 november 2019. Pukul 17.00
Putri Pertiwi Ningrum, Sri Wahyuni, Salman Alfarisy Totalia. 2019. pengaruh pembelajaran sekolah lima hari, kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa xii pemasaran smk negeri 1 surakarta. Volume 4 Nomor 2.1-16
Salamet, 2015. Pengantar metodologi penelitian. Sumenep Madura, Jl.Raya Gapura no. 124 paberasan
Sugiono, 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung Jl.Gegerkalong Hilir No.84
Nuril Annissa Ekayanti, Vitalis Djarot Sumarwoto. Peningkatan Sikap Empati Melalui Bimbingan Kelompok Berbantuan Teknik Problem Solving Pada Siswa Kelas X.AV.1 SMK N 1 Jiwan Kabupaten Madiun (Online). Tersedia di https:// ejournal.unipma.ac.id/ index.php/ JBK
Syafi’I,dkk. 2018. studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi, Vol.2 No.2, Juli, 1-9
Wulandari, Hafit Riansyah 2017, Layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa, Volume 1 Number 1. 1-6. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1), pp. 47–52. https://doi.org/10.26539/1110
Published
2021-02-02
Section
Articles