MAKNA FIGURATIVE DALAM ANTOLOGI PUISI “AKU INGIN JADI PELURU” KARYA WIJI WIDODO
Abstract
Artikel ini membahas tentang bahasa figuratif pada puisi “ Sajak Kepada Bung Dadi” wiji widodo bahasa figuratif yang dibahas pada artikel ini mengacu pada beberapa permasalahan, yakni: 1) apa saja unsur-unsur bahasa figuratif yang digunakan pada puisi “Sajak kepada bung Dadi” karya wiji widodo 2) Bagaimana makna penggunaan bahasa figuratif pada puisi tersebut. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan melalui pendekatan teori-teori bahasa figuratif, yakni dengan menganalisis penggunaan bahasa figuratif dan makna yang dihasilkan olehnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahasa figuratif yang dominan dalam puisi “sajak kepada bung dadi ”karaya wiji widodo ,yakni Srakasme, Ironi, Repitisi, Metafora. Unsur-unsur ini salah satu bahasa figuratif yang membandingkan dua hal dalam bentuk yang berbeda. Dengan demikian, artikel ini diharapkan dapat memberikan sumbangan teori atas aplikasi dari penggunaan bahasa figuratif pada karya sastra dalam bentuk puisi sehingga dapat dihasilkan makna yang terkandung di dalamnya.
Kata Kunci: Makna Figuratif, Antologi Puisi, Wiji Thukul
References
Thukul, Wiji. 2004. Dalam Buku Antologi Aku Ingin Jadi Peluru. Indonesia TERA-Anggota IKAPI
Cora, Lindsay, and Paul Knight, 2006. Learning and Teaching English, New Jersey: Oxford University.
Wardhaugh, R. (2006). An Introduction to Sociolinguistics. Oxford: Blackwell Publishing.
Suroto. 2021.Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Waluyo, Herman J. 1987. _ Teori dan Apresiasi Puisi_. Jakarta : Erlangga.
Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi Untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta : Gramedia.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hatch, Evelyn. 1995. vocabulary, semantics and language, education. Cambridge. University Press.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.