ANALISIS KEPEDULIAN TOKOH TERHADAP LINGKUNGAN ALAM DALAM NOVEL SUMUR MINYAK AIR MATA KARYA WINENDRA GUNAWAN

  • Nur Kholis Ida Purwati
  • Arif Setiawan
Keywords: kepedulian, ekokritik sastra, deskriptif analisis

Abstract

Manusia dan lingkungan adalah dua komponen yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Manusia membutuhkan lingkungan alam untuk hidup dan lingkungan membutuhkan manusia untuk merawatnya. Namun, akhir-akhir ini dunia sedang dihadapkan pada kekacauan lingkungan alam yang terjadi baik di gunung, laut, sungai, hutan dan beberapa tempat lainnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa manusia belum sepenuhnya menjaga dan merawat alam. Kepedulian terhadap lingkungan yang seharusnya sudah melekat sejak asal mula manusia kini semakin lama semakin terkikis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk kepedulian tokoh terhadap lingkungan alam dalam novel Sumur Minyak Air Mata karya Winendra Gunawan, (2) mendeskripsikan hubungan tokoh dan lingkungan alam dalam novel Sumur Minyak Air Mata karya Winendra Gunawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan ekokritik sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk kepedulian tokoh terhadap lingkungan alam dalam novel Sumur Minyak Air Mata ditunjukkan melalui empat sikap yaitu sikap hormat, sikap tanggung jawab moral, sikap solidaritas, serta sikap kasih sayang dan kepedulian terhadap lingkungan alam. (2) Hubungan tokoh dengan lingkungan alam ditunjukkan melalui paham determinisme dan posibilisme. Paham determinisme terlihat dari respon pasif tokoh dalam menerima peluang yang diberikan alam, sedangkan paham posibilisme berkaitan dengan respon aktif yang dimunculkan oleh beberapa tokoh dalam menanggapi peluang yang diberikan alam.

References

Attfield, Robin. 2010. Etika Lingkungan Global. Bantul: Kreasi Wacana.
Endraswara, Suwardi. 2016. Metodologi Penelitian Ekologi Sastra: Konsep, Langkah, dan Penerapan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Gunawan, Winendra. 2016. Sumur Minyak Air Mata. Malang: Media Nusa Creative.
Harsono, Siswo. 2008. Ekokritik: Kritik Sastra Berwawasan Lingkungan. Ejurnal Undip, (Online), 32 (1): 31-50,(https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kajiansastra/article/download/2702/2607) diakses 20 Maret 2017.
Keraf, A. Sony. 2010. Etika Lingkungan. Jakarta: Kompas Media Nusantara.
Maimunah. 2014. Perlawanan Alam terhadap Kolonialisme dalam Novel Pohon Jejawi karya Budi Darma. Jurnal Litera, (Online), 13 (2): 326-337,(https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/2585) diakses 7 Desember 2017.
Nadjmuddin, Ramly. 2005. Membangun Lingkungan Hidup yang Harmonis & Berperadaban. Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu.
Sugiarti. 2017. Kajian Ekobudaya pada Novel Tirai Menurun karya NH. Dini. Jurnal Atavisme, (Online), 20 (1): 110-121, (https://media.neliti.com /media/publications/177460-ID-kajian-ekobudaya-dalam-novel-tirai-menur.pdf) diakses 11 Desember 2017.
Sukmawan, Sony. 2016. Ekokritik Sastra: Menanggap Sasmita Arcadia. Malang: UB Press.
Supardi, Imam. 2003. Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Bandung: Alumni.
Yani, Ahmad dan Waluya, Bagja. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Kelas X SMA/MA. Bandung: CV. Mughni Sejahtera
Published
2020-11-11
How to Cite
Kholis Ida Purwati, N., & Setiawan, A. (2020). ANALISIS KEPEDULIAN TOKOH TERHADAP LINGKUNGAN ALAM DALAM NOVEL SUMUR MINYAK AIR MATA KARYA WINENDRA GUNAWAN. ESTETIKA: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 2(1), 55-65. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/estetika.v2i1.110
Section
Articles