Pengaruh Literasi Matematis Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Salah satu hal penting dalam menunjang keberhasilan dalam pembelajaran ialah motivasi, dengan adanya motivasi dapat mendorong siswa menciptakan budaya literasi yaitu literasi matematika. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh literasi siswa terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 44 siswa kelas X IPA MA At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil angket literasi matematis dan motivasi belajar siswa yang dianalisis menggunakan SPSS. Hasil menunjukkan bahwa literasi matematis berpengaruh positif terhadap motivasi belajar matematika sebesar 16%, sedangkan pada uji regresi linear terlihat nilai konstanta Unstandardized Coefficients adalah 48,598. Koefisien regresi sebesar 0,340 yang berarti setiap penambahan 1% tingkat literasi meningkat sebesar 0,340. Dengan demikian persamaan regresi linear antara variabel prediktor (X) dan variabel dependen (Y) dapat menjadi terlihat di persamaan . Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara literasi matematis terhadap motivasi belajar siswa.