Penerapan Metode Problem Solving Learning (PSL) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Pada Materi Matriks
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran yang menoton menyebabkan kurangnya motivasi dan pemahaman konsep siswa merupakan permasalahan yang ditemui pada siswa kelas VIII. B SMP YABT petra timika. Terkait dengan permasalahan yang ditemukan maka peneliti menerapkan metode pembelajaran problem solving learning (PSL). merupakan pembelajaran yang memiliki prosedur yang diterapkan secara eksplisit untuk memberi siswa waktu lebih lama untuk berpikir, menjawab dan membantu satu sama lain, dimana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingka motivasi dan pemahaman konsep matriks siswa kelas VIII. B SMP YABT petra timika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Instrument dan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan lembar obervasi, angket motivasi dan tes kemampuan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil evaluasi kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I adalah persentase ketuntasan belajar secara klasikal yang dicapai 62,5% dengan nilai rata-rata 66,67 hasil evaluasi siklus II adalah 92,00% dengan nilai rata-rata 76,72, tingkat motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai 51,95% dengan kategori sedang dan pada siklus II mencapai 74,00% dengan kategori tinggi. Jadi hasil penelitian yang didapatkan semakin meningkat dari tiap siklus. Dari hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa penerapan metode problem solving learning (PSL) untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matriks siswa kelas VIII. B SMP YABT petra timika.