Pengaruh Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri
Abstract
Salah satu hal yang dapat mempengaruhi hasil belajar adalah faktor internal siswa, yaitu kecemasan. Kecemasan merupakan gejala normal yang diduga merupakan salah satu faktor penghambat belajar dan dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam mengingat, memecahkan masalah, berkonsentrasi, dan membentuk ide. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi trigonometri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Data dikumpulkan melalui angket dan lembar tes hasil belajar. Sampel penelitian terdiri dari kelas X IPS MA Al-Bukhary sebanyak 24 siswa. Dengan metode regresi linier sederhana berbantuan SPSS diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,005 < 0,05 yang berarti ditolak dan diterima atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi trigonometri dengan besar pengaruh yaitu 30,2%. Adapun persamaan regresi linier yang diperoleh adalah dimana koefisien regresi bernilai negatif, yang berarti kecemasan berpengaruh negatif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi trigonometri. Semakin tinggi kecemasan siswa maka semakin rendah hasil belajar matematika siswa, begitu pula sebaliknya semakin rendah kecemasan siswa maka semakin tinggi hasil belajar matematika siswa.