PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

  • Emilianus Jehadus Unika Santu Paulus Ruteng
  • Ricardus Jundu Unika Santu Paulus Ruteng
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Widya Bhakti Ruteng tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan desain Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Widya Bhakti Ruteng. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling sehingga terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data pemahaman konsep siswa diperoleh dari hasil tes uraian. Data dianalisis menggunakan perhitungan uji t dengan rumus polled varian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa  dan  pada taraf signifikan  dan derajat kebebasan   . Dengan demikian diketahui bahwa pemahaman konsep siswa yang dalam proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together lebih baik dari pada pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Published
2020-07-17
Section
Articles