PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI BANGUN RUANG
Abstract
Proses kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Matematika Kelas VI.A SDN 015 Tarakan dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian dengan 6 kali pertemuan mengajar. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) hasil belajar yang ditentukan pada penelitian ini yaitu 70 dengan ketuntasan klasikal 80%. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan melaksanakan tindakan penelitian berupa tes akhir pembelajaran disetiap akhir pertemuan pada kegiatan siklus I dan siklus II. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 17 orang atau 68,00%, dan meningkat menjadi rata-rata 21 orang atau 84,00% pada siklus II. Demikian juga dengan aktivitas siswa dan guru semakin aktif yakni siklus I keaktifan siswa dan guru hanya rata-rata 79 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 90 dengan kriteria sangat baik sedangkan aktivitas guru dari siklus I hanya rata-rata 66 dengan kritria cukup baik meningkat menjadi 88 dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Dengan memperhatikan ketuntasan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe gambar (picture and picture) bagi siswa kelas VI.A SDN 015 Tarakan.