Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap HAsil Belajar Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar matematika dalam pembelajaran berbasis daring pada siswa SMA Negeri 1 Kalianget. Design penelitian ini adalah one – group pretest postest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-1 SMAN 1 Kalianget. Teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling yang berjumlah 30 siswa. Kemudian instrument yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian diperoleh (1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa terlihat pada nilai rata-rata siswa yang memeliki nilai rata-rata 70,66. (2) Berdasarkan analisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% terhadap 30 siswa diperoleh nilai akhir kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Hasil Belajar Matematika berbasis daring siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalianget.