Implementasi Metode Study Groups Menggunakan Multiplication Table Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa

  • Budi Sasomo STKIP Modern Ngawi
  • Wahyu Anggara Universitas Terbuka
  • Pratiwi Novitasari STKIP Modern Ngawi
Keywords: Metode Study Groups, Multiplication Table, Pemahaman Konsep, Perkalian

Abstract

     Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode study groups menggunakan multiplication table terhadap pemahaman konsep perkalian siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif. Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunujukkan Metode pemahaman konsep perkalian yang dilakukan peneliti dalam pembelajaran Matematika mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang semula pada siklus 1 mencapai rata-rata hasil belajar 72,7 menjadi 79 pada siklus ke 2. Hasil pengamatan aktifitas siswa pada siklus I rata-rata 3 pada kategori cukup baik dan pada siklus ke 2, rata-rata 4 pada kategori baik pada penerapan metode study groups menggunakan multiplication table selama simulasi pembelajaran.
Published
2023-04-11