Tantangan Pendidik dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Pengembangan Karakter Siswa di SDN Denasari Kulon 02
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi tantangan pendidik dalam mewujudkan Merdeka Belajar di SDN Denasri Kulon 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di SDN Denasri Kulon 02 ditanamkan melalui pembiasaan membaca asmaul husna yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan atau lagu wajib nasional agar peserta didik tidak hanya mengetahui dari apa yang mereka baca dan nyanyikan tetapi agar tercipta nilai cinta tanah air dan agama yang dapat ditanamkan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pendidikan karakter di SDN Denasri Kulon 02 diintegrasikan dalam setiap mata pelajaran sesuai dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka.