Pengaruh Metode Hanifida Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Pembelajaran Eksponensial

  • Siti Nor Jamilatul Atuni Universitas Islam Malang
Keywords: kemampuan komunikasi, metode hanifida, pembelajaran eksponensial

Abstract

Hal terpenting dalam menunjang keberhasilan pembelajaran ialah dengan adanya inovasi. Inovasi tersebut bisa berasal dari pemilihan metode dalam pembelajaran,  salah satunya dengan menggunakan metode hanifida. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode hanifida terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran eksponensial. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 44 siswa kelas X IPA MA At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik random  sampling.  Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah berupa hasil pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan uji regresi linear dengan bantuan SPSS.  Hasil menunjukkan bahwa nilai maksimum pada test preetest berada dikategori sedang yaitu 69 dengan rata-rata nilai 47,75 sedangkan nilai maksimum pada test posttest berada dikategori tinggi yaitu 87 dan nilai rata-rata 67,77. Metode hanifida ini berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik sebesar 26,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan metode hanifida lebih tinggi dibandingkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan metode konvensional.

Published
2023-04-11