Profil Lapisan Pemahaman Konsep Barisan dan Deret Berdasar Teori Piere Kieren pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Bojonegoro

  • Asih Asih IKIP PGRI Bojonegoro
  • Nur Rohman IKIP PGRI Bojonegoro
  • Anita Dewi Utami IKIP PGRI Bojonegoro
Keywords: Pemahaman Konsep, Teori Piere Kieren, Barisan dan Deret

Abstract

Pemahaman merupakan syarat mutlak yang harus dicapai oleh masing-masing siswa untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya. Pelapisan tingkat pemahaman konsep merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan seorang guru dalam menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil lapisan pemahaman konsep barisan dan deret berdasar teori piere kieren pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian  ini berjumlah 28 siswa. Kedua puluh delapan subjek tersebut diberikan soal tes, kemudian diambil 16 subjek terpilih dengan masing-masing lapisan pemahaman diwakili dua subjek untuk diwawancarai. Untuk  memastikan  kevalidan  data,  peneliti menganalisis data dengan dua cara yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi masing-masing lapisan pemahaman siswa dalam memahami konsep barisan dan deret.

Published
2021-03-01