MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KANTONG BILANGAN PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS

  • Nila Safitri SD Negeri 005 Tarakan
Keywords: hasil belajar, kantong bilangan, penjumlahan dan pengurangan bilangan, PTK

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terkait materi penjumlahan dan pengurangan bilangan menggunakan alat peraga kantong bilangan pada pembelajaran tatap muka terbatas tahun 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek peneltian siswa kelas II C SD Negeri 005 Tarakan yang berjumlah 11 orang.  Penelitian ini terbagi menjadi 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen terdiri dari dua yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan tes akhir pembelajaran yang terdiri dari 6 soal berbentuk isian terkait materi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Data dianalisis berupa hasil ketuntasan belajar siswa. Penelitian dikatakan berhasil jika hasil belajar siswa secara klasikal mencapai ketuntasan minimal 80% dengan KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan menggunakan alat peraga kantong bilangan di kelas II C SD Negeri 005 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklusnya yaitu siklus I sebanyak 12 orang siswa yang tuntas atau 54,54% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 19 orang siswa tuntas atau 86,36% .

Published
2023-10-10