KEEFEKTIFAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG AKAR PANGKAT TIGA

  • Diah Pitaloka SD Negeri 015 Tarakan
Keywords: akar pangkat tiga, hasil belajar, metode drill, PTK

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kefektifan metode drill dalam membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas  VA SD Negeri 015 Tarakan pada materi operasi hitung akar pangkat tiga tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek peneltian siswa kelas VA SD Negeri 015 Tarakan yang berjumlah 26 orang.  Penelitian ini terbagi menjadi 2 siklus dengan total 6 kali pertemuan yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen terdiri dari dua yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan tes akhir pembelajaran yang terdiri dari 5 soal berbentuk uraian terkait materi operasi hitung akar pangkat tiga. Data dianalisis berupa hasil ketuntasan belajar siswa dan hasil observasi selama siswa belajar. Penelitian dikatakan berhasil jika hasil belajar siswa secara klasikal mencapai ketuntasan minimal 80% dengan KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika operasi akar pangkat tiga menggunakan metode drill di kelas 5 A SD Negeri 015 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklusnya yaitu siklus I sebanyak 14 orang siswa yang tuntas atau 53,8% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 24 orang siswa tuntas atau 92,3% walaupun masih ada 2 orang siswa atau 7,7% yang belum tuntas maka akan diberikan tugas remedial berikutnya dalam waktu yang berbeda.

Published
2023-10-10