UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN SHOOTING COLOUR PADA SISWA KELAS XII MIPA 2 SMAN 1 AMBUNTEN

  • Nur Khalis
Keywords: Permainan, Sepak Bola, Shooting Colour

Abstract

Latar belakang penelitian, karena hasil belajar siswa dalam pembelajaran sepak bola pada siswa Kelas XII MIPA 2 SMAN 1 Ambunten, siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa lebih suka menunggu bola datang dari pada bergerak mengejar bola. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sepak bola dengan pendekatan permainan shooting colour pada siswa Kelas XII MIPA 2 SMAN 1 Ambunten. Jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam siklus 2. Subjek penelitian seluruh siswa Kelas XII MIPA 2 yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data observasi berupa dokumen dan foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran penjasorkes dalam permainan sepak bola dengan pendekatan permainan shooting colour meningkat. Terlihat dari persentase ketuntasan belajar siswa dari semua aspek pada siklus I yaitu sebesar 61,76% meningkat pada siklus II menjadi 76,47%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada setiap siklus dirata-rata dari aspek pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan. Ketuntasan belajar aspek pengetahuan pada siklus I yaitu sebesar 47,06 %, pada siklus II sebesar 76,47%. Ketuntasan belajar aspek sikap pada siklus I yaitu sebesar 73,53%, siklus II sebesar 82,35%. Ketuntasan belajar aspek keterampilan pada siklus I yaitu sebesar 58,82%, siklus II sebesar 82,35%. Peningkatan hasil belajar tiap aspek pada penelitian ini, aspek pengetahuan 29,41%, aspek sikap 8,82%, aspek keterampilan 23,53%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran penjas dalam permainan sepak bola dengan pendekatan permainan shooting colour dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 14,71%. Saran yang dapat disampaikan dari penelitian ini diharapkan pembelajaran penjas dengan pendekatan permainan shooting colour dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam permainan sepak bola.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rohim. 2008: Bermain Sepak Bola. Semarang: CV. Aneka Ilmu
Achmad Rifa’i dan Chatarina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Adang Suherman. 2000: Dasar-dasar Penjaskes. Jakarta: Depdikbud.
Ade (2015). Identitas dan karakteristik siswa SMA Serta Metode Pembelajaran. (online). Tersedia:http://www.scribd.com/doc/26566827/Identitas-Dan- Karakteristik-Siswa-Smp-Metode-Pembelajaran. (accesed: 16/09/2015)
Agus Salim. 2008. Buku Pintar Sepak Bola. Bandung:Nuansa
Ali Maksum. 2008. Psikologi Olah raga Teori dan Aplikasi. Surabaya: Unesa University Press.
Amung Ma’mun, Yudha M. Saputra. 2000. Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Depdiknas.
Husdarta. 2009. Menejemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta
Husdarta dan Yudha M. Saputra. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Milke Danny. 2007. Dasar Dasar Sepak Bola. Bandung: Pecan Raya Sucipto dkk. 2000. Sepak Bola. Departemen Pendidikan Nasional.
Suharsimi Arikunto dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukintaka. 2002. Teori Bermain Penjaskes. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti.
Trianto.2012. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktek.Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Yoyo Bahagia, Adang Suherman. 2000. Prinsip-prinsip Pengembangan Dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Depdikbud.
Published
2020-09-03
Section
Articles