PENINGKATAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING

  • arya candra
  • Mislan Mislan
Keywords: Hasil Belajar, Bola Voli, Metode Peer Teaching

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bola voli pada siswa kelas V SDN 4 Sumberberas.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (action research) dengan menggunakan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.  Penentuan responden dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu keseluruhan siswa kelas V b yang berjumlah 12 Siswa. Proses pengumpulan data dengan menggunakan lembar  pengamatan saat proses pembelajaran, dan setelah proses pembelajaran. Lembar pengamatan yang di maksud mencakup nilai psikomotor, afektif, dan kognitif siswa mengenai teknik dasar servis dan smash bola voli. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran peer teaching yang diterapkanpada siswa kelas V b SDN 4 Sumberberas dapat meningkatkan hasil belajarsiswa dalam mata pelajaran pendidikan jasmani pada materi bola voli yaituteknik dasar smash, servis atas, dan servis bawah. pada setiap siklus telah mengalami perubahan nilai yang dapat dikatan baik (tuntas) dengan masing-masing nilai akhir atau rata-rata pada siklus 2 di teknik dasar smash yaitu 79,62 lalu teknik dasar servis atas yaitu 80,59 dan teknik servis bawah yaitu 81,23.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M, dkk (2013).Model dan metode pembelajaran di sekolah.Semarang : Unissula press.

Aditia, DA. (2015). Survey penerapan nilai-nilai positif olahraga dalam interaksi sosial antar siswa di sma negeri se-kabupaten wonosobo tahun 2014/2015

Al Kindi, JI. (2015). Futsal Putra Kelas Khusus Olahraga di SMAN 2 Ngaglik dan SMA N 1 Seyegan Kabupaten Sleman DIY

Ardiansyah, I. (2017). Tingkat kemampuan fisik dan teknik dasar pada siswa sekolah sepakbola baturetno usia 13-14 tahun di Bantul Yogyakarta

Ardianto, AW. (2016). Persepsi pelatih sekolah sepakbola (SSB) di Daerah Istimewa Yogyakarta pada pendidikan kepelatihan fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri yogyakarta.

Hidayat, A. (2015). Survey perkembengan olahraga rekreasi gateball di Kab. Semarang Journal of Sport Sciences and Fitnes 4 (4) (2015)

Ilma, B. (2016).tingkat kesegaran jasmani peserta ekstrakurikulersepakbola di mts hasyim asy’ari piyungantahun ajaran 2016/2017 . skripsi. prodi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasijurusan pendidikan olahragafakultas ilmu keolahragaanuniversitas negeri yogyakarta
Iskandar, SK. (2015). Perbedaan tingkat kebugaran jasmani pesertaekstrakurikuler sepakbola dan wushudi smp negeri 1 jogonalan.skripsi.Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta

Kurniawati, D. (2016). Survey tingkat jasmani dan keterampilan gerak dasar sepakbola pada siswa SSB yunior putra usia 10-12 tahun kota kediri 2016

Lufisanto, MS. (2014). Analisis kondisi fisik yang memberi kontribusi terhadap tendangan jarak jauh pada pemain sepakbola.universitas negeri surabaya Fakultas ilmu keolahragaan Jurusan pendidikan kesehatan dan rekreasi Program studi s-1 ilmu keolahragaan

Mufiyadi, (2013) .Status Kebugaran Jasmani Sesuai Usia Kronologis dan Usia Mental Serta Status Gizi peserta didik tunagrahita mampu didik di sekolah luar biasa c wiyata dharma 2 tempel, sleman.Program Studi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta

Soedjono,Zahir. L. (2018). Manajemen pembinaan sekolah sepakbola (SSB) Bina Bangsa Bandar Lampung. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas lampung bandar lampung.

Utami, D. (2015). Peran Fisiologi Dalam Meningkatkan Prestasi OlahragaIndonesia Menuju Sea Games JurnalOlahraga Prestasi , Volume 11, Nomor 2, Juli 2015

Wiwoho, HA. Junaidi, S. Sugiharto. (2014). Journal of Sport Sciences and Fitnes
Published
2020-09-03
Section
Articles