Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Motivasi Belajar Pencak Silat Pada Siswa SMA Negeri 2 Sumenep

Authors

  • Winda Nuraisyah STKIP PGRI Sumenep
  • Nugroho Agung Supriyanto
  • Dyas Andry Prasetyo

DOI:

https://doi.org/10.36379/corner.v4i1.608

Keywords:

Motivasi Belajar,, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengetahui model dari pembelajaran kooperatif tipe TGT pada motivasi siswa dalam belajar pencak silat berdasarkan masalah pada siswa kelas XI semester I di SMA Negeri 2 Sumenep. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan survey dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes angket motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dimana populasi yang digunakan adalah semua kelas XI semester I di SMA Negeri 2 Sumenep. Analisis deskriptif dalam bentuk angka-angka presentase dengan proses penghitungan manual dan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini diperoleh data sebagai berikut: motivasi intrinsik siswa di pembelajaran pencak silat kategori sangat baik nilai 89-120 frekuensi 66 memperoleh presentase 52% dan kategori baik nilai 57-88 frekuensi 60 memperoleh presentase 48% dan motivasi ekstrinsik siswa pada saat pembelajaran pencak silat kategori sangat baik frekuensi 73 memperoleh presentase 58% dan kategori baik frekuensi 53 memperoleh presentase 42%. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran pencak silat dilihat dari hasil presentase yang tinggi adalah kategori baik dari motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansah, F.E. and Setiyo, H. (2018) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Renang Gaya Bebas (Studi Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Wonoayu – Sidoarjo)’, Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 06(01), pp. 55–59.

Arends, R. (2013). Belajar Untuk Mengajar (Learning to Teach). Jakarta: Salemba Humanika.

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Sekretariat Negara.

Cahyaningsih, U. (2017) ‘Pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil pembelajaran matematika SD’, Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), pp. 1–5.

Hakim, S.A. and Syofyan, H. (2018) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Belajar Ipa Di Kelas Iv Sdn Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat’, International Journal of Elementary Education, 1(4), p. 249. Available at: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12966.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV pustaka setia.

Huraibi, Chabib, Zain, C. and Indahwati, N. (2018) ‘Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TGT Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK’, Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan, 6(3), pp. 583–586. Available at: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/25423.

Maksum, Ali. (2012). Metode Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Nur, Mohamad. (2011). Model Pembelajaran langsung. Surabaya: pusat sains dan matematika sekolah Unesa.

Riski Nugroho, D. and Rachman, A. (2018) ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bolavoli Di Kelas X Sman 1 Panggul Kabupaten Trenggalek’, Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1), pp. 161–165.

Santosa, D.S.S. (President U. (2019) ‘Manfaat Pembelajaran Kooperatif Teamgames Tournament (Tgt) Dalam Pembelajaran’, Statistical Field Theor, 53(9), pp. 1689–1699.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Silfiani, D. and Alfiansyah, I. (2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sdn Prambangan-Gresik’, JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), p. 71. Available at: https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1133.

Wicaksono, Danang. (2009). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Sebagai Akibat Dari Latihan Bolavoli Terhadap Prestasi Belajar Atlet Disekolah. (Doctoral thesis). Retrievedfromhttp://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Danang%20Wicaksono,%20S.Pd.Kor.,%20M.Or/tesis%20.pdf

Yuliawati, N.A.A. (2021) ‘Penerapan Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar’, Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), pp. 356–364. Available at: https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Nuraisyah, W., Supriyanto, N. A., & Prasetyo, D. A. (2024). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Motivasi Belajar Pencak Silat Pada Siswa SMA Negeri 2 Sumenep. Corner: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 32–37. https://doi.org/10.36379/corner.v4i1.608