Model Pengajaran Langsung Berbantuan Media Visual Berbasis Flash

  • septi dariyatul aini universitas madura

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada saat diterapkan model pengajaran langsung berbantuan media visual berbasis flash. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan metode penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa tunarungu  kelas IV SLB Asih Mulya Pamekasan.Teknik pengumpulan data menggunakan  tes, dokumentasi, dan observasi. Data yang telah terkumpul kemudian dihitung nilai  aktivitas dan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai aktivitas siswa sebesar 3,16 (kategori baik) dan secara klasikal diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 60%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pengajaran langsung berbantuan media visual berbasis flash dapat diterapkan dengan baik bagi siswa tunarungu di SLB Asih Mulya Pamekasan

Published
2021-06-29