Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Contextual Teaching and Learning pada Materi Program Linear

  • Cindy Dian Iriani Universitas Musamus
  • Abdul Rachman taufik Universitas Musamus Merauke
  • Rian Ade Pratama Universitas Musamus
Keywords: program linear, lembar kerja siswa, contextual teaching and learning

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi program linear yang valid dan praktis. Model pengembangan yang diterapkan mengacu pada model 4-D dari Thiagarajan yaitu pendefinisian, pendesainan atau perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian hanya dilakukan sampai tahap ujicoba terbatas dan tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan sebab waktu penelitian terbatas.  Penelitian dilaksanakan di MA Al-Hikmah kelas XI sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket kevalidan kepada validator untuk melihat kelayakan produk serta angket kepraktisan kepada guru dan siswa untuk melihat kebermanfaatan produk yang akan diberikan. Analisis data dilakukan dengan perhitungan skor rata-rata yang dimasukan pada kategori penilaian skala likert, kemudian dikonversikan ke data kualitatif. Produk yang diperoleh berupa LKS Berbasis CTL pada materi program linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar LKS berada pada kriteria valid dengan skor rata-rata 89,33 dan praktis dengan skor rata rata 43,83 dan 49 berdasarkan penilaian siswa dan guru. Dengan hasil yang diperoleh tersebut maka produk LKS layak digunakan.

Published
2021-06-15