Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Penyelesaian Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Kriteria Watson Di SMP Negeri 3 Kaureh Kabupaten Jayapura

  • Isnani Rahmawati IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Talabudin Umkabu IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Nining Puji Lestari IAIN Fattahul Muluk Papua
Keywords: Kesalahan Peserta Didik, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Kriteria Watson

Abstract

Dalam pengerjaan soal matematika, peserta didik mengalami kesulitan sehingga melakukan kesalahan secara matematis. Rumusan masalah penelitian yaitu bagaimana jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kriteria Watson di SMPN 3 Kaureh Kabupaten Jayapura. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan keilmuan pedagogik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi, dimana lembar tes dan wawancara telah divalidasi terlebih dahulu. Analisis data pada penelitian menggunakan model Miles dan Huberman dan teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Hasil analisis data menunjukkan kesalahan terbanyak terjadi pada kriteria masalah hierarki keterampilan (shp). Hal ini dikarenakan konsep dasar berhitung peserta didik masih rendah, kurangnya latihan mengerjakan soal matematika, ketidaksiapan peserta didik secara fisik dan mental untuk mengerjakan soal SPLDV yang diberikan ketika pandemi corona, dan materi yang dijadikan tes telah lama mereka terima.

Published
2021-06-15